Proposal PKL

November 7, 2018 | Author: Yossy Nurvita | Category: N/A
Share Embed Donate


Short Description

proposal pkl...

Description

PROPOSAL KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN

PT. Sumber Segara Primadaya PLTU Cilacap

Disusun oleh : 1. Khanet Dias Suganda

3.22.15.0.14

2. Krisna Nur Shodiq Riyadi

3.22.15.0.15

PROGRAM STUDI TEKNIK KONVERSI ENERGI JURUSAN TEKNIK MESIN POLITEKNIK NEGERI SEMARANG 2017

HALAMAN PENGESAHAN

a.  Nama Perguruan Tinggi : Politeknik Negeri Semarang  b. Jurusan

: Teknik Mesin

c.

: Teknik Konversi Energi

Program studi

d. Tempat

: PT. Sumber Segara Primadaya, PLTU Cilacap

Ds. Bunton, Kec. Adipala, Cilacap, Jawa Tengah Penyusun

:

Khanet Dias Suganda

3.22.15.0.14

Krisna Nur Shodiq Riyadi

3.22.15.0.15

Semarang, 07 Februari 2017 Mengetahui, Ketua Progam Studi Teknik Konversi Energi

Sahid ,ST,MT  NIP. 197005121996011001

Peserta PKL

Khanet Dias Suganda  NIM. 3.22.15.0.14

BAB I PENDAHULUAN Perkembangan teknologi yang semakin cepat membutuhkan sumber daya manusia yang dapat diandalkan serta dapat mengikuti perkembangan dan perubahan perubahan yang terjadi secara cepat untuk dapat diaplikasikan dalam dunia kerja. Sumber Daya Manusia sebagai salah satu faktor penentu dari proses perkembangan teknologi memegang peranan penting karena merupakan ujung tombak dari  perkembangan teknologi. Dengan Sumber Daya Manusia yang mampu mengikuti  perkembangan teknologi yang semakin berkembang, maka diharapkan tujuan nasional  Negara kita dapat terwujud. Berdasarkan Undang-undang No 2 th 1989 tentang Pendidikan Nasional, serta PP 60 Th 1999 tentang Pendidikan Tinggi disebutkan  bahwa pendidikan tinggi terdiri atas pendidikan akademik dan pendidikan profesional. Pendidikan akademik merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada  penguasaan Ilmu Pengetahuan, sedang Pendidikan Profesional merupakan pendidikan yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu. Politeknik sebagai salah satu pendidikan profesional mempunyai misi menghasilkan tenaga terampil yang menunjang kegiatan ekonomi, harus dapat menempatkan diri sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sektor industri jasa maupun industri manufaktur. Program pendidikan Politeknik diharapkan dapat mempersiapkan dasar yang kuat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang  berkualitas dalam menghadapi era pasar bebas, sumber daya yang mampu  berkembang dan tanggap terhadap tuntutan produk yang kompetitif. Untuk itu keahlian yang dimiliki oleh lulusan pendidikan Politeknik harus mencakup aspek kompetensi profesional ( profesional competence) serta aspek tingkah laku profesional ( profesional attitude). Kedua sikap tersebut dibentuk melalui proses pendidikan baik yang diselenggarakan dalam kampus maupun diluar kampus. Salah satu pelaksanaan  pendidikan diluar kampus adalah Praktek Kerja Lapangan (PKL).

BAB II LATAR BELAKANG, TUJUAN DAN KEGUNAAN

A. Latar Belakang

Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) sebagai perwujudan kebijaksanaan dari “link and match” dalam proses dilaksanakann pada dua tempat yaitu di bangku kuliah dan dunia usaha / industri. Upaya ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu tamatan Politeknik khususnya Politeknik Negeri Semarang dalam mencapai tujuan relevansi pendidikan dengan kebutuhan tenaga kerja. Harapan utama dari penyelenggaraan praktik di dunia usaha / industri ini disamping keahlian profesional mahasiswa meningkat sesuai dengan tuntutan kebutuhan dunia usaha / industri, juga mahasiswa akan memiliki etos kerja yang meliputi : kemampuan kerja, motivasi kerja, inisiatif, kreativitas, hasil pekerjaan yang  berkualitas, disiplin waktu dan kerajinan dalam bekerja.

B.

Tujuan

Tujuan Praktek Kerja Lapangan ini adalah : 1) Untuk memenuhi syarat pembuatan proyek akhir. 2) Menjalin hubungan kemitraan antara dunia pendidikan dengan dunia industri . 3) Menambah wawasan dan pengetahuan tentang penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di industri.

C. Kegunaan

Kegunaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah : a. Bagi Mahasiswa

1. Memperoleh pengalaman praktis tentang sistem operasi peralatan yang diterapkan di PT. Sumber Segara Primadaya, PLTU Cilacap dan mengetahui terapan-terapan teori dan relevansinya. 2. Mengenal dan merasakan sikap profesional yang dibutuhkan di industri. 3. Menambah pengetahuan serta wawasan mahasiswa dalam dunia energi dan  permesinan serta pemakaiannya khususnya dalam bidang teknik.

4. Sebagai studi perbandingan antara teori dan praktek yang didapatkan mahasiswa di bangku perkuliahan dengan kenyataan yang sebenarnya di dunia kerja. 5. Mengetahui secara lebih jelas mengenai kegiatan perusahaan khususnya yang  berkaitan dengan dunia perindustrian dan bisa mendapatkan pengalaman kerja serta dapat berinteraksi dalam suatu team work. 6. Dapat

mengukur

kemampuan

atau

ketrampilan

yang

dimiliki

serta

mendapatkan pengalaman atau ketrampilan baru. 7. Membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja secara nyata dalam lingkup pekerjaan kantor. 8. Mendapatkan data-data detail yang akan digunakan dalam penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan dan pembuatan Tugas Akhir khususnya pada  bidang yang menjadi pokok permasalahan Praktek Kerja Lapangan.

b. Bagi PT. SUMBER SEGARA PRIMADAYA

PT. Sumber Segara Primadaya PLTU Cilacap dapat menilai kualitas  pendidikan Politeknik Negeri Semarang, memberi masukan kompetensi yang sesuai, sehingga akan membantu meningkatkan kemampuan lulusan yang dibutuhkan dunia kerja dan meningkatkan peran terhadap dunia pendidikan.

c. Bagi Politeknik Negeri Semarang.

Memperoleh masukan kompetensi yang diperlukan PT. Sumber Segara Primadaya PLTU Cilacap tentang tenaga Ahli Madya (Diploma 3) khususnya Program Studi Teknik Konversi Energi. Dari masukan ini Politeknik Negeri Semarang dapat memperbaiki kurikulum dan silabus agar menghasilkan lulusan yang sesuai, sehingga terjadi "Link and Match".

BAB III METODOLOGI

Metodologi yang dilakukan dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan ini antara lain : a. Metode Observasi, adalah metode pengambilan data dengan cara langsung mengamati dan mencatat pada objek yang dipelajari.  b. Metode Interview, adalah metode pengumpulan data dengan cara melakukan tanya  jawab langsung kepada pihak petugas perusahaan di lapangan. c. Metode Literatur, adalah pengambilan data dengan mempelajari literatur, yang berupa  buku-buku, diktat ataupun bentuk lain yang berhubungan dengan objek yang dipelajari guna mendukung penyelesaian PKL sampai dengan penyusunan laporan. d. Metode

Bimbingan,

adalah

melakukan

konsultasi

dan

bimbingan

dalam

mendokumentasikan bidang keilmuan yang diperoleh selama Praktek Kerja Lapangan, bimbingan ini dilakukan kepada pembimbing lapangan di PT. Sumber Segara Primadaya PLTU Cilacap kepada pembimbing di Politeknik Negeri Semarang.

BAB IV PELAKSANAAN A. Ruang Lingkup Kerja Praktek

Ruang lingkup Praktek Kerja Lapangan ini sesuai ilmu pengetahuan yang telah diberikan di Politeknik Negeri Semarang kepada mahasiswa peserta Praktek Kerja Lapangan, diantaranya meliputi Mekanika Fluida, Termodinamika, Perpindahan Panas, Bahasa Inggris.

B.

Waktu Pelaksanaan

Praktek kerja lapangan ini dilaksanakan dalam liburan semester genap yaitu pada tanggal 31 Juli sampai 31 Agustus 2017. Sedang lama pelaksanaan praktek kerja lapangan kurang lebih 1 bulan. Peserta PKL adalah mahasiswa Program Studi Teknik Konversi Energi. Pelaksanaannya pada : a. hari

: Senin s.d Jum’at

 b. tanggal

: 31 Juli s.d 31 Agustus 2017

c. tempat

: PT. Sumber Segara Primadaya PLTU Cilacap

d. alamat

: Ds. Bunton, Kec Adipala, Cilacap, Jawa Tengah

C. Peserta Kerja Praktek  Mahasiswa yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) pada PLTU Tanjung Jati B yaitu : 1)  Nama

: Khanet Dias Suganda

T.T.L

: Cilacap, 1 Mei 1995

Alamat

: Perum BKD,blok 29 Rt/Rw : 01/10 Kelurahan Kebonmanis , Kecamatan Cilacap Utara

HP

: 085747308304

 NIM

: 3.22.15.0.14

Jurusan

: Teknik Mesin

Program studi

: Teknik Konversi Energi

2)  Nama

: Krisna Nur Shodiq Riyadi

T.T.L

: Cilacap, 30 Juli 1997

Alamat

: Jl. Nanas , Kalisabuk Rt / Rw : 03/02. Kec Kesugihan , Kab. Cilacap

HP

: 085879368311

 NIM

: 3.22.15.0.15

Jurusan

: Teknik Mesin

Program studi

: Teknik Konversi Energi

D. Pembimbing PKL

Untuk membantu kelancaran pelaksanaan PKL ini Politeknik menugaskan kepada  beberapa dosen sebagai pembimbing mahasiswa. Tugas pembimbing antara lain : a. Memberikan pembekalan kepada mahasiswa tentang kewajiban, sopan santun dan etika profesi yang harus dijaga dan dilaksanakan selama PKL.  b. Memberikan pengarahan serta bimbingan kepada mahasiswa selama PKL  berlangsung sampai dengan penulisan laporan. c. Sebagai mediator lapangan antara Politeknik Negeri Semarang dengan PT. Sumber

Segara

mahasiswa.

Primadaya

PLTU

Cilacap,

sehubungan

dengan

kondisi

E. Kewajiban Mahasiswa Selama PKL

Agar dalam melaksanakan PKL mahasiswa memperoleh hasil yang maksimal, dan tidak merugikan PT. Sumber Segara Primadaya PLTU Cilacap, maka mahasiswa  peserta PKL mempunyai kewajiban sebagai berikut : a. Mentaati semua peraturan yang ditetapkan dan saran yang diberikan oleh petugas lapangan, pembimbing lapangan maupun penanggung jawab PKL.  b. Mengikuti semua kegiatan PKL sesuai jadwal yang telah ditetapkan. c. Membuat laporan PKL sebagai syarat penyusunan Proyek Akhir.

F. Personalia Praktik Kerja Lapangan

a. Pelindung : Direktur Politeknik Negeri Semarang. Ir. Supriyadi , M.T  NIP. 195909061987031002  b. Penanggung Jawab : Wakil Direktur I Akhmad Jamaah, S.T, M. Eng.  NIP. 196203231985031004 c. Koordinator Lapangan : Ketua Program Studi Teknik Konversi Energi Sahid, S.T, M.T.  NIP. 197005121996011001

BAB V PENUTUP

Demikian proposal pelaksanaan praktek kerja lapangan di perusahaan / industri. Proposal ini kami buat untuk mendapatkan persetujuan. Atas perhatian dan kebijaksanaannya kami mengucapkan terima kasih.

Semarang,07 Februari 2017 Penyusun

Khanet Dias Suganda  NIM 3.22.15.0.14

POLITEKNIK NEGERI SEMARANG Jl. H. Prof. Soedarto S.H Tembalang Kotak Pos 6199/SMS Semarang 50061 Telp. 7473417 Fax.7472396 Email: [email protected] Homepage : http://www.polines.ac.id

View more...

Comments

Copyright © 2017 KUPDF Inc.
SUPPORT KUPDF